Kuliner Murah Dan Enak Di Yogyakarta

Jika ada dari Anda yang berlibur ke Yogyakarta, tentunya belum lengkap jika Anda tidak mencicipi kuliner Jogja yang terkenal murah dan juga enak. Menjelajahi kota Jogja dengan mencicipi aneka makanan khas Jogja sangatlah direkomendasi. Kuliner Jogja dengan berbagai cita rasa tentu bisa membuat liburan Anda semakin berkesan dan asyik. Anda tidak perlu bingung mencari spot kuliner Jogja. Hal tersebut dikarenakan hampir pada tiap sudut kota Jogja selalu menawarkan berbagai kuliner Jogja yang enak dan murah. Supaya bisa membantu Anda lebih menikmati berbagai wisata kuliner Jogja, ada beberapa spot kuliner Jogja yang murah dan enak.

Spot Wisata Kuliner Murah Dan Enak Di Jogja

Ada beberapa spot wisata kuliner di Jogja yang khas dan terbilang cukup murah. Mau tahu tempatnya dimana saja? Yuk baca penjelasan di bawah.

  1. Oseng Mercon Khas Bu Narti

Jika ada dari Anda yang ingin mencoba sensasi pedas pada kuliner khas Yogyakarta, Anda bisa datang ke Oseng Mercon Khas Bu Narti. Tempat kuliner ini bertempat pada Jalan K.H. Ahmad Dahlan di Gang Purwodiningratan. Spot wisata kuliner Jogja yang murah dan enak ini menyajikan nasi putih panas yang dipadu dengan oseng-oseng yang super pedas. Oseng pedas tersebut berisikan kulit, gajih, tulang muda dan kikil.

Spot wisata kuliner yang satu ini tentunya akan semakin cocok untuk Anda yang menggemari masakan pedas. Dari kepedasan Oseng Mercon Khas Bu Narti yang luar biasa ini, ada berbagai nama-nama panggilan selain mercon. Ada beberapa orang yang juga menyematkan nama untuk kuliner ini, nama tersebut yaitu seperti oseng halilintar atau oseng bledeg. Jika Anda ingin merasakan sensasi pedas maksimal, Anda bisa datang saat malam minggu. Khusus untuk malam minggu, pemilik warung melipat gandakan takaran cabainya.

  1. Gudeg

Dari dulu gudeg merupakan kuliner khas Jogja yang pastinya paling populer. Anda wajib mencoba kuliner gudeg ini ketika berkunjung ke Yogyakarta. Gudeg selain di Jogja bisa saja tidak seenak gudeg di Jogja. Makanan gudeg ini sangat mudah ditemukan. Gudeg hampir selalu tersedia di sudut kota Yogyakarta. Tetapi sebagai rekomendasi untuk Anda, ada beberapa kawasan kuliner gudeg terbaik. Kawasan Barek dan Wijilan merupakan area yang paling terkenal sebagai sentra kuliner gudeg Jogja terenak dan terkenal. Lokasi kawasan Wijilan ini cukup dekat dari kawasan Kraton Yogyakarta. Kawasan Wijilan bisa dicapai dengan waktu kurang lebih 10 menit jalan kaki. Jika Anda tidak ingin berjalan kaki dari Kraton, Anda bisa naik becak supaya menghemat tenaga.

Jika Anda berada pada kawasan utara Yogyakarta, Anda bisa coba datang ke kawasan Barek. Setiap waktu shubuh, beberapa penjual gudeg sudah siap berderetan di pinggiran jalan. Lokasinya yaitu di bagian utara Kampus UGM. Ada beberapa warung kuliner gudeg yang sudah terkenal pada kawasan Barek ini. Warung gudeg tersebut yaitu seperti warung gudeg Yu Narni, Yu Djum dan Bu Ahmad.

Jika Anda berencana ingin merasakan kenikmatan gudeg ketika malam hari, ada rekomendasinya. Anda dapat mengunjungi Gudeg – Batas Kota di jalan Adi Sucipto yang bertepatan di depannya Saphir Square. Gudeg ini mulai buka saat pukul 10 malam. Gudeg ini siap memuaskan lidah Anda, karena cita rasa kuliner gudeg ini tergolong istimewa. Anda juga dapat mencoba sensasi kenikmatan gudeg yang langsung di dapur atau pawon. Gudeg tersebut yaitu Gudeg Pawon yang bertempatan di jalan Janturan nomor 36 – 38 Warungboto.

Menikmati Angkringan Khas Yogyakarta

Angkringan adalah spot kuliner khas Yogyakarta yang sangat terkenal dan dapat ditemukan di setiap sudut kota Gudeg tersebut. Namun, ada beberapa rekomendasi angkringan yang bisa kami sarankan. Berikut beberapa spot angkringan tersebut.

  1. Angkringan khas Lik Man

Tentunya jika berbicara tentang kuliner Jogja yang enak sekaligus murah, tidak lepas dari yang namanya kuliner Angkringan. Spot wisata kuliner Jogja satu ini bisa membuat Anda kangen berkunjung kembali ke Yogyakarta. Angkringan ini tidak hanya menjadi suatu tempat kuliner untuk rakyat yang harganya murah meriah. Angkringan sebenarnya merupakan sebuah budaya. Pada Angkringan ini, masyarakat dapat berkumpul lalu berbincang tentang bahasan apa saja secara santai ditemani suasana malam.

Angkringan ini bisa dengan mudah ditemukan di Yogyakarta seperti halnya menemukan Gudeg. Salah satu angkringan di Jogja yang enak dan cukup terkenal adalah Angkringan khas Lik Man. Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, lebih baik Anda mencoba makan disini. Ada yang istimewa dari Angkringan khas Lik Man ini. Angkringan ini adalah angkringan yang pertama di Jogja. Angkringan khas Lik Man ini sudah berdiri dari tahun 1969. Berbagai sajian menu pada Angkringan khas Lik Man ini hampir sama dengan angkringan lainnya. Menu angkringan tersebut yaitu seperti nasi atau sego kucing, sate dari telur puyuh, aneka gorengan dan beberapa makanan lainnya. Pada Angkringan khas Lik Man ini terdapat sajian yang cukup berbeda dengan Angkringan lainnya. Sajian tersebut yaitu minuman Kopi Joss yang unik dan sudah sangat terkenal sekarang ini.

  1. House Raminten

House Raminten menjadi rekomendasi jika Anda ingin menikmati menu angkringan tradisional Jogja tetapi di tempat yang lebih nyaman dan cukup modern. House Raminten membuktikan bahwa menu angkringan tradisional dapat disajikan dengan lebih berkelas dan elegan. House Raminten ini merupakan rumah makan populer di Yogyakarta. House Raminten menyajikan beragam menu tradisional. Sajian menu tradisional tersebut yaitu antara lain seperti wedang sereh, tahu bola, brongkos, cunduk, sego kucing, dan sate lilit.

Desain dan arsitektur di rumah makan House Raminten ini bisa dibilang luar biasa dan menarik. Anda dapat menemukan kereta kuda yang terletak di luar. Sedangkan untuk di dalamnya, dapat terlihat ruangan dengan arsitektur Jawa lengkap dengan wangi khas dari dupa. Lebih menariknya lagi, Anda akan menikmati makanan dan minuman diiringi dengan lantunan gending Jawa. Musik gending Jawa tersebut akan mengalun terus pada House Raminten ini.

Selain dari arsitektur dan juga menunya yang asyik, pelayan House Raminten memakai pakaian yang khas yaitu seperti kemben Jawa. Sedangkan di atas meja, ada sebuah kentongan Jawa yang dipakai untuk memanggil para pelayan. Kentongan tersebut dipakai ketika Anda butuh sesuatu. Lokasi dari House Raminten ini yaitu pada jalan FM Noto7, di Kota Baru. Sekian saja ulasan mengenai apa saja rekomendasi tempat kuliner di Yogyakarta. Semoga artikel kal ini dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari spot kuliner Jogja yang terpopuler.